banner here

Resep Pepes Ikan Mas Presto Duri Lunak Bumbu Khas Masakan Sunda

- Desember 24, 2017
advertise here
Racikan bumbu dalam resep pepes ikan mas presto duri lunak ini merupakan salah satu cara sederhana sehari-hari masyarakat asli Sunda Jawa Barat untuk menciptakan pepes ikan yang yummy. Karena kaya aroma dan citarasa dari pemakaian bumbu-bumbu khas dari masakan Sunda, maka akan jauh lebih optimal menikmati pepes atau pais lauk ini kalau ikan mas diolah menjadi duri sampai tulang lunak.
Racikan bumbu dalam resep pepes ikan mas presto duri lunak ini merupakan salah satu cara s Resep Pepes Ikan Mas Presto Duri Lunak Bumbu Khas Masakan Sunda
Pepes atau pais yaitu masakan tradisional yang terdapat aneka macam ragam jenisnya, tak hanya materi dan daun selaku pembungkusnya, penggunaan variasi bumbu dan cara mengolah masakan pun mampu berbeda di setiap potongan nusantara, salah satu yang populer yakni pepes ikan mas ala Sunda.

Pepes ikan mas atau pais lauk emas ialah sajian menu yang banyak menjadi andalan kedai makanan kuliner Sunda, kini mampu kita buat sendiri di rumah dengan cara yang gampang dan sederhana. Cita rasa bumbu yang meresap serta aromanya yang amis memang betul-betul menciptakan pepes ikan mas sebagai salah satu masakan favorit.

Berdasarkan pengalaman sebelumnya kalau 1 kg ikan terlalu sedikit, maka kali ini dibuat 1½ kg ikan mas agar lebih banyak. Meskipun terkenal akan banyaknya duri, tetapi dengan pepes ikan mas masak presto ini, duri dan tulang pun bisa ikut disantap, sehingga bawah umur pun tak perlu cemas memakan hidangan lezat yang memang juga sungguh disukai anak balita.

Bahan Bumbu Pepes Ikan :

  • 1,5 kg ikan mas segar
  • 4 buah belimbing wuluh untuk lumuran, mampu juga pakai jeruk nipis
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai digeprek
  • 5 buah cabai merah keriting, iris-iris serong
  • 3 butir bawang merah, iris tipis
  • 2,5 liter air
  • Segenggam daun kemangi
  • Secukupnya minyak untuk meumis bumbu
  • Seperlunya daun pisang, lap bersih lalu layukan sebentar di atas api kompor agar daunnya lemas tidak mudah sobek

Bumbu Halus :

  • 5 cm kunyit
  • 4 cm jahe
  • 5 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 10 butir kemiri
  • ½ sdt garam + ½ sdt penyedap atau kaldu bubuk

Cara Membuat Pepes Ikan Mas Presto :

Bersihkan ikan mas, keluarkan jeroan atau isi perut dan insangnya serta kerok sisik-sisiknya. Kerat-kerat badannya lalu cuci hingga bersih, berikutnya lumuri dengan air perasan belimbing wuluh dan diamkan sekitar 15 menit.

Panaskan seperlunya minyak dalam wajan, lalu tumis bumbu halus serta aduk-aduk sampai harum dan matang, matikan api dan sisihkan.
Racikan bumbu dalam resep pepes ikan mas presto duri lunak ini merupakan salah satu cara s Resep Pepes Ikan Mas Presto Duri Lunak Bumbu Khas Masakan Sunda
Siapkan cuilan-potongan daun pisang, letakkan ikan mas yang telah dilumuri belimbing wuluh tadi di atas lembaran daun pisang. Berikutnya lumurkan bumbu tumis secara merata pada ikan termasuk ke bab dalam perut ikan, begitu pula serai dan daun salam.

Terakhir letakkan daun kemangi di atasnya, serta taburi irisan cabe merah keriting dan irisan bawang merah. Setelah akhir, maka selanjutnya dikemas dengan rapih serta semat kedua ujungnya dengan lidi.

Siapkan panci presto yang diberi isi 2,5 liter air, masukkan dan tata pepes ikannya, lalu tutup rapat hingga terkunci selanjutnya masak selama 2 jam.
Racikan bumbu dalam resep pepes ikan mas presto duri lunak ini merupakan salah satu cara s Resep Pepes Ikan Mas Presto Duri Lunak Bumbu Khas Masakan Sunda
Matikan api kompor setelah 2 jam, buka lubang udara bagian atas panci dan biarkan uap keluar dan tidak lagi bersuara. Setelah semua uap keluar, boleh buka tutup panci presto. Seperti gambar di atas, airnya pun nyaris mengering alasannya dosis yang pas serta diolah di atas api sedang, duri dan tulangnya betul-betul lunak dan kondusif untuk disantap. Akhirnya pepes ikan mas presto duri lunak ala Sunda sudah mampu dihidangkan.
Sumber https://resepmasakankreatif.blogspot.com
Advertisement advertise here
 
banner here