banner here

Resep Kelicuk Pisang Rasa Keju

- Mei 29, 2017
advertise here
 Cara membuat kue tradisional dari bahan pisang matang dan beras ketan ini dikenal dengan  Resep Kelicuk Pisang Rasa Keju
Cara membuat kudapan manis tradisional dari materi pisang matang dan beras ketan ini diketahui dengan resep kelicuk. Bahkan kita bisa memanfaatkan buah pisang yang telah terlalu matang dalam mengolah kue lembap kukus yang dulunya ialah hidangan akad nikah maupun jamuan tradisi adat Rejang provinsi Bengkulu ini.

Kelicuk yaitu jajananyang yang dibuat dari olahan beras ketan campur pisang yang dimasak dengan cara dikukus. Memiliki ciri khas bentuk kerucut atau segitiga dan dibungkus daun pisang, kue ini juga menjadi masakan khas tempat Lintang, Pagar Alam dan sekitarnya di Sumatera Selatan.

Selain berbahan dasar beras ketan dan pisang, kudapan manis kelicuk juga kerap dikombinasikan dengan parutan kelapa. Terkadang juga disertakan garam agar berasa sedikit gurih dan vanili supaya lebih harum. Tidak terlalu berlawanan dengan versi original, dalam resep kali ini kita membuat kelicuk dengan embel-embel kombinasi rasa keju.

Bahan Kelicuk :

  • 4 sikat pisang ukuran kecil atau 1125 gram pisang matang yang berasa elok
  • 700 gram beras ketan putih, cuci higienis lalu tiriskan
  • 300 gram gula pasir
  • 150 gram keju cheddar parut
  • Daun pisang untuk membungkus

Cara Membuat Kelicuk :

1. Kupas kulit pisang kemudian hancurkan dalam sebuah wadah dengan memakai perlindungan gelas sampai sungguh-sungguh hancur dan padu. Berikutnya masukkan gula pasir dan aduk hingga rata.
 Cara membuat kue tradisional dari bahan pisang matang dan beras ketan ini dikenal dengan  Resep Kelicuk Pisang Rasa Keju
2. Selanjutnya masukkan beras ketan dan parutan keju ke dalam gabungan, serta aduk-aduk lagi memakai sendok hingga gabungan merata.

3. Tahap berikutnya yaitu membungkus kelicuk. Siapkan pecahan daun pisang, kemudian lipat kedua ujungnya menjadi bentuk segitiga. Masukkan adonan sekitar 2 sendok makan atau secukupnya, kemudian lipat ke kanan atas berikutnya ke kiri atas lihat gambar di bawah ini, atau boleh juga bentuk sesuai selera.
 Cara membuat kue tradisional dari bahan pisang matang dan beras ketan ini dikenal dengan  Resep Kelicuk Pisang Rasa Keju
4. Setelah membungkus adonan selesai, tahap terakhir yakni mengukus kelicuk. Tata bungkusan daun pisang ke dalam kukusan yang sudah disiapkan dengan air pengukus seperlunya, kukus sekitar 60 menit atau hingga matang maka kelicuk keju sudah siap untuk disantap.
Sumber https://resepmasakankreatif.blogspot.com
Advertisement advertise here
 
banner here