banner here

Aneka Resep Kuliner Sayur Dari Tumis, Bening Sampai Bersantan

- Mei 12, 2017
advertise here
Selain buah, menu sayuran hijau dan aneka sayur mayur lainnya merupakan menu yang sungguh dianjurkan untuk dikonsumsi secara berkala . Membiasakan memakan banyak sekali macam jenis masakan sayuran termasuk belum dewasa juga telah mesti dimulai semenjak dini. Bahkan diet sayuran dianggap jauh lebih sehat dan aman karena sayuran mempunyai kandungan vitamin yang banyak serta rendah kalori.

Indonesia ialah negara agraris dengan iklim tropis yang seharusnya kaya akan jenis-jenis sayur. Tak hanya dihidangkan sekedar selaku lalapan saja, dalam kuliner tradisional khas nusantara sungguh banyak dijumpai banyak sekali variasi sajian masakan unik dan lezat yang ialah variasi dari bermacam-macam sayuran, baik mentah maupun sudah dimasak, beberapa diantara contoh masakan sayur akan kami bagikan di bawah ini.

Dalam keseharian ibu rumah tangga, aneka masakan tumis, kuah bening sampai kuah santan kadang-kadang menjadi andalan sehari-hari untuk menu olahan sayur. Menu yang bervariatif memang sangat disarankan, sebab apabila monoton akan mempunyai dampak pada menurunnya selera makan, padahal kita diusulkan makan sayur-sayuran dalam setiap harinya. Beberapa kumpulan kreasi pilihan masakan sayur sederhana simpel dan simpel juga mampu di lihat di bawah ini.

Karedok Sunda (Lotek Sayuran Mentah)
Dimulai dari olahan sayuran mentah, karedok adalah sejenis lotek maupun gado gado yang disajikan dicampur bumbu kacang. Hanya saja karedok yang sangat terkenal dalam seni masakan Sunda Jawa Barat ini memakai macam-macam sayuran mentah termasuk daun kemangi yang menjadikannya semakin segar dan beraroma.

Asinan Sayur Betawi
Juga menggunakan sayuran mentah, olahan sayuran khas penduduk Betawi ini merupakan jenis asinan yang paling populer di Indonesia bersama dengan Asinan Buah Bogor. Kuahnya yang bercita rasa pedas, asam, asin dan pedas sangat sesuai disantap bersama aneka sayuran segar.

Urap Sayur Kering
Sajian hidangan sayuran tradisonal lainnya yaitu sayuran yang direbus sebentar lalu ditaburi dengan bumbu urap kelapa parut yang disangrai kering (goreng tanpa minyak).

Aneka resep masakan sayur berikutnya adalah kuliner kombinasi sayur-sayuran yang dimasak berkuah bening, bersantan dan juga tumisan. Menu sayur mayur rumahan yang paling favorit serta sering diolah para ibu-ibu dengan segala kreatifitasnya.
Sayur Asem dan Sayur Lodeh
Kedua jenis sayur ini sama-sama populernya, berbahan sayuran yang nyaris sama namun berlainan pada cita rasa kuah. Sayuran berkuah asem yang segar vs sayuran berkuah santan gurih yang sama-sama mempunyai cita rasa yang enak.

5. Resep Capcay
Mudah cara memasaknya, mampu berkuah atau goreng. Meskipun menggunakan bumbu sederhana, namun capcay kuah ini memang sedap disantap.

6. Sayur Sop Bakso
Semua materi sayur dijadikan satu dalam sajian berkuah segar-segar gurih dan nikmat. Pilihan daging mirip dalam Sayur Sop Bening daging sapi, sayur sop ayam maupun sayur sop ceker ataupun udang merupakan opsi bahan kombinasi untuk menunjukkan kuah kaldu yang kian gurih.

Sayur Bobor Bayam
Selain begitu sedap dimakan dengan berkuah bening dicampur jagung (lihat : Sayur Bayam), masakan sayur bayam dengan santan tipis ini juga mampu menjadi saran menarik yang lain.

8. Tumis Buncis Wortel
Perpaduan wortel dan buncis memang sangat familiar dijadikan bahan untuk banyak masakan sayur tergolong tumisan sebab menawarkan kesan rasa yang segar saat dimakan, jangan lewatkan juga perpaduan keduanya dalam Acar Kuning dan Acar Mentah.

9. Tumis Kacang Panjang
Tumisan simple praktis namun dengan rasa menggugah mampu menerapkan tumis kancang panjang ini di rumah, tak hanya itu Sayur Kacang Panjang Santan yang juga simple tetapi menggoda selera juga mampu memperkaya perbendaharaan resep di dapur bunda.

10. Tumis Kangkung
Sayuran hijau yang satu ini juga sayur sehat yang kaya faedah dan tinggi serat. Ada banyak kreasi bumbu dalam mengolah makanan tumis kangkung, tetapi tak ada salahnya bila kita menjajal resep yang satu ini dengan cita rasa yang spesial.

Tips supaya tidak terkesan dadakan atau tidak mudah resah untuk menawarkan sajian sayur apa hari ini, menu makan siang maupun makan malam, maka ada baiknya disusun dalam daftar menu sepekan bahkan sebulan sarat . Untuk melengkapi rujukan resep kuliner sayur lainnya mampu dilihat dalam kategeri 'aneka sayur mayur' dalam blog ini.

Sumber https://resepmasakankreatif.blogspot.com
Advertisement advertise here
 
banner here