banner here

16 Resep Hidangan Buka Puasa Dan Sahur Sehat Mudah 2017

- Mei 09, 2017
advertise here
Memasuki Bulan Ramadhan 2017 kali ini, sudah pasti kita mesti lebih mengamati lagi mengenai asupan-asupan yang terbaik, yang semestinya kita siapkan dalam sajian sajian buka puasa dan sajian sahur dalam sebulan kedapan. Aneka hidangan menu untuk berbuka puasa yang bagus sudah tentu yaitu makanan yang sehat.

Bermacam-macam buah-buahan ialah opsi tepat selaku makanan yang elok natural, bahkan memperlihatkan cita rasa cantik alami yang bervariasi. Sebisa mungkin mengatur penggunaan gula pasir alasannya adalah mampu memberikan pengaruh yang kurang baik bagi kesehatan.

Buah kurma, pisang, pepaya, mangga, melon, semangka, kiwi, apel, air buah kelapa atau banyak jenis buah-buahan yang lain sangat ideal selaku sajian kudapan atau sajian yang disegerakan untuk berbuka puasa. Buah-buah yang bersifat mudah dicerna dan menawarkan badan banyak sekali nutrisi yang dapat membantu transisi antara era berpuasa dan berbuka menjadi terasa mudah. Selain itu penting untuk diperhatikan ialah konsumsi air putih, usahakan dari dikala buka puasa sampai dikala sebelum tidur minimal minum 1 liter air.

Selanjutnya bagaimana dengan sajian makan setelah berbuka puasa? Jika sebelumnya kita telah memakan buah-buahan segar atau kombinasi yang lain dari sajian tajil untuk berbuka puasa, maka menu sehat yang lain yang direkomendasikan dalam sajian buka puasa diantaranya ialah sebagai berikut :
  • Sayuran hijau alasannya selain mudah dicerna dan mempunyai kandungan alkalin yang tinggi sehngga sangat ideal untuk memaksimalkan kesehatan kita.
  • Biji-bijian dan kacang-kacangan ialah sumber protein yang bagus dan gampang dicerna. Biji bunga matahari, biji waluh atau labu, walnut (sumber omega-3), almond, kacang mete, kemiri, kacang tanah, kacang Brazil, kacang hijau dan kacang macadamia merupakan bahan masakan yang sempurna dikonsumsi sesudah berpuasa.
  • Beras merah berlawanan dengan beras putih karena bab kulit pada beras merah masih utuh. Para andal gizi dan ahli pembatasan makanan merekomendasikan nasi merah sebagai sumber nutrisi.
  • Oat juga ideal untuk disantap untuk berbuka puasa. Memakan oat membawa banyak faedah, dan utamanya sesudah berpuasa. Makan satu menu oat menawarkan tubuh vitamin E, zinc, selenium, tembaga, besi, mangan, protein dan magnesium.
Kumpulan sajian tajil yang elok untuk buka puasa dan masakan utama atau makan besar yang pastinya bisa juga dipakai untuk daftar sajian sahur. Untuk menyanggupi akan keperluan kombinasi dalam resep sajian buka puasa dan sahur yang yummy, simpel, irit dan sederhana atau murah semarak bahkan cocok untuk anak kost, berikut kami rangkum beberapa acuan kreasi resep sajian buka puasa 2017 yang sehat simpel di bawah ini :
Kolak Pisang
Kreasi kuah kolak yang gurih dan segar meski dimasak secara sederhana dan mudah. Kita mampu mengkombinasikan dengan aneka bahan pendamping pisang, mirip kolang-kaling, ubi, nangka, maupun materi lain sesuai selera bunda.

2. Singkong Thailand
Menikmati singkong dengan saus vla yang kental bisa menjadi alternatif dalam mengkonsumsi singkong yang yummy. Kolak singkong ala thailand dengan cita rasa anggun dan gurih ini sudah sangat terkenal di Indonesia.

3. Es Goyobod
Es goyobod sungguh populer di Jawa Barat, tergolong di kota kembang Bandung. Kita dapat membuatnya sendiri di rumah dengan cara yang mudah, ialah memakai tepung hunkwe yang terbuat dari pati kacang hijau.

4. Es Oyen
Minuman acuh taacuh yang bagus termasuk hidangan favorit buka puasa, es oyen campur dengan variasi jagung manis menawarkan sensasi kesejukan yang dapat mengembalikan stamina dan menghilangkan dahaga.

Urap Sayuran
Cara menyuguhkan aneka sayuran dengan bumbu urap kelapa kering yang disangrai alias tanpa minyak ini akan membuat sajian sayur mayur saat berbuka puasa dan sahur menjadi makin istimewa. Cara membuatnya cukup praktis, sayuran direbus sebentar lalu dicampur dengan bumbu urap yang sebelumnya telah disangrai.

6. Tahu Rambutan
Menu olahan tahu unik kontemporer, bola-bola tahu rambutan yang menjadi hits di tahun 2017 ini bisa menjadi opsi selaku komplemen rujukan dalam sajian buka puasa maupun sahur yang tergolong simpel.

7. Cabe Ijo Tumis Kecap
Sensasi cabe ijo diolah kecap akan membuat selera makan menjadi meningkat, resep ini mampu menjadi pilihan apalagi caranya pun sangat mudah dan simpel. Cabe hijau yaitu cabai muda, namun pilih lagi yang betul-betul muda atau kulitnya tidak keras agar kelezatannya menjadi sempurna.

8. Rujak Kangkung
Nah bagi yanag selera pedas, kangkung bumbu rujak kian melengkapi menu di bulan puasa kali ini.

Sayur Lodeh
Menu berbuka dan sahur dengan sayuran bersantan mampu menjajal sayur lodeh, masakan berkuah gurih yang berisikan banyak sekali sayuran ini memang paling disenangi selain sayur asem.

10. Capcay Goreng
Salah satu kuliner favorit ibu-ibu ini juga terdiri dari berbagai macam variasi sayuran. Selain yummy diolah seperti capcay kuah, juga tak kalah nikmat jika digoreng atau diolah dengan sedikit kuah.

11. Sup Oyong
Menyantap sayur oyong (kisik) sambil menghirup kuah bening nan segar membuatnya begitu sedap dikonsumsi.

12. Sayur Asem
Jika sayur lodeh mempunyai aksara kuah yang sedap dan gurih, maka sayur asem bercita rasa kuah yang asem dan segar walaupun secara biasa materi-materi yang dipakai nyaris sama.

Nugget Tahu
Sekali menciptakan nugget maka kita bisa menyimpannya di freezer dalam waktu yang cukup lama, sehingga kita cuma tinggal menggoreng nugget saat akan mempersiapkan menu sahur. Oleh alasannya keunggulannya, nugget sering menjadi menu andalan di waktu-waktu sahur yang telah mepet.

14. Kentang Mustofa
Berbeda dengan nugget, kentang mustofa atau sambal goreng kentang kering ini tinggal kita simpan dalam wadah tertutup supaya kerenyahannya bertahan lama. Walau tak sempat memasak hari ini kita masih bisa santap sahur dengan menu yang lezat.

15. Kering Tempe
Begitu juga dengan kering tempe campur teri dan kacang tanah ini, menu favorit ibu-ibu rumah tangga dari zaman dulu era yang biasa disimpan dalam toples beling alasannya adalah mampu dijadikan stok lauk pauk pendamping nasi.

16. Sambal Merah Padang
Tak lengkap kalau tak ada sambal, nah menu yang terakhir ialah sambal. Kreasi sambal merah sederhana tetapi kelezatan aroma daun jeruk dan cita rasa menciptakan hidangan makan buka puasa dan sahur menjadi semakin lengkap.

Tentunya 16 resep kuliner praktis di atas cuma pola sekedarnya saja, selain hidangan di atas terdapat banyak sekali kombinasi kuliner yang sudah dibagikan dalam blog resep ini yang sangat gampang dicari dikarenakan telah dikelompokkan menurut kategorinya, ada aneka ayam, aneka sayur, tahu tempe, telur dan sebagainya (lihat di pilih resep).

Semoga dengan melihat-lihat daftar sajian kuliner di dalam blog resep masakan ini bisa berfaedah dan memperbesar rujukan atau inspirasi dalam merencanakan hidangan buka puasa dan sajian masakan sahur keluarga anda di rumah, terima kasih telah berkunjung.

Sumber https://resepmasakankreatif.blogspot.com
Advertisement advertise here
 
banner here