banner here

Resep Tumis Bunga Pepaya Dan Tips Ampuh Supaya Tidak Pahit

- November 07, 2017
advertise here
Tips gampang dan sederhana cara memasak bunga pepaya agar tidak pahit dengan bumbu resep tumis simpel ini ampuh menciptakan bunga pepaya sungguh-sungguh lezat dan yummy dinikmati tanpa rasa pahit yang mengusik di pengecap.
Tips mudah dan sederhana cara memasak bunga pepaya agar tidak pahit dengan bumbu resep tum Resep Tumis Bunga Pepaya dan Tips Ampuh Agar Tidak Pahit
Kembang kates atau bunga pepaya diyakini kaya akan khasiat dan faedah bagi kesehatan. Namun rasanya yang pahit cukup mengganggu selera makan kalau kita mengolahnya secara eksklusif menjadi masakan sehari-hari di rumah.

Untuk menetralisir rasa pahit, bunga pepaya memang perlu dimasak apalagi dahulu dengan bermacam trik dan berbagai cara, seperti warisan leluhur dengan tanah liat dan lain sebagainya. Salah satu di antaranya adalah kiat yang mudah namun ampuh supaya tidak pahit mirip yang diterapkan pada resep tumis bunga pepaya berikut ini.

Bunga pepaya yang direbus bareng air garam dan asam jawa sungguh ampuh untuk mengurangi dan menghilangkan rasa pahit tersebut. Supaya lebih ampuh kali ini dilaksanakan 2 kali perebusan, pertama dengan rebusan air dan garam berikutnya rebus lagi dengan air dan asam jawa.

Praktis dan sederhana, namun jadinya menjadi kuliner tumis bunga pepaya yang tidak pahit di pengecap, namun juga tidak menghilangkan ciri khas cita rasa dan aromanya, sehingga menjadi hidangan yang yummy dan yummy.

Bahan Bumbu Tumis Bunga Pepaya :

  • 250 gram bunga pepaya
  • 2 sdm garam dan 1 sdm asam jawa untuk merebus bunga pepaya
  • 2 siung bawang putih dan 3 butir bawang merah, dihaluskan
  • 2 sdm saus tiram
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt kaldu bubuk atau penyedap
  • Minyak untuk menumis
Bumbu iris :
  • 1 buah bawang bombay
  • 1 batang daun bawang
  • 2 buah cabai merah besar
  • 1 buah tomat merah
Tips mudah dan sederhana cara memasak bunga pepaya agar tidak pahit dengan bumbu resep tum Resep Tumis Bunga Pepaya dan Tips Ampuh Agar Tidak Pahit

Cara Membuat Tumis Bunga Pepaya :

  1. Petik bunga pepaya (termasuk batang-batang yang kecilnya saja atau lihat sesuai gambar dalam ember diatas), cuci higienis kemudian rebus dengan air seperlunya hingga terendam bareng 2 sendok makan garam. Setelah mendidih dan layu, lalu buang air rebusan.
  2. Selanjutnya rebus kembali bunga pepeya dengan air secukupnya bersama 1 sendok makan asam jawa sampai betul-betul mendidih. Matikan api, berikutnya basuh higienis kembali dan tiriskan.
  3. Panaskan seperlunya minyak dalam wajan, tumis bawang merah dan bawang putih halus serta bumbu iris sampai harum.
  4. Masukkan bunga pepaya, aduk lalu beri garam, kaldu debu dan saus tiram. Aduk-aduk dan setelah tercampur rata serta semuanya matang, matikan api kemudian tumis bunga pepaya sudah siap dihidangkan.

Sumber https://resepmasakankreatif.blogspot.com
Advertisement advertise here
 
banner here