banner here

Resep Rendang Padang Daging Sapi Bumbu Kering Orisinil Minang

- September 01, 2017
advertise here
Resep Rendang Padang Daging Sapi - Cara meracik bumbu kuliner daging sapi orisinil Minang dalam resep rendang padang kering sungguh-sungguh menciptakan cita rasa daging menjadi sungguh sedap dikonsumsi. Tips membuat rendang daging dengan bumbu kering cuma butuh ketekunan, sebab waktu mengolah makanan hingga kering apalagi rendang hitam memang memerlukan waktu yang cukup lumayan, namun akan terpuaskan dengan sensasi rasanya yang khas dan luar biasa.
 Cara meracik bumbu masakan daging sapi asli Minang dalam resep rendang padang kering bena Resep Rendang Padang Daging Sapi Bumbu Kering Asli Minang
Kalau ke pasar hendak memilih daging sapi, tanyakan daging paha sebab memang bagian daging paling sempurna untuk bikin rendang. Jika ada yang tanpa lemak akan lebih elok, sehingga kita tidak perlu repot menyisakan lemaknya.

Begitu mudah termasuk bagi pemula untuk mengolah rendang daging menjadi hidangan Istimewa keluarga di rumah, aroma wanginya yang khas menciptakan rumah anda seakan-akan berganti sesaat menjadi rumah makan Padang.

Bumbu rendang telah sungguh gurih dan sedap jadi tidak diharapkan lagi penyedap, tetapi tetap silahkan diubahsuaikan dengan selera masing-masing. Selain itu kita juga mampu menyertakan cabe bila mengiginkan rendang dengan cita rasa yang lebih pedas. Supaya lebih gampang membayangkan bagaimana proses pembuatannya, selain resep bahan dan cara membuat juga dilampirkan di bawah ini gambar dalam setiap langkahnya.

Bahan Bumbu Membuat Rendang :

  • 1 kg daging sapi (paha tanpa lemak)
  • 2 lembar daun kunyit
  • 2 lembar daun salam
  • 4 lembar daun jeruk
  • 2 batang serai, geprek bagian putih
  • 1 sdm garam lebih minim
  • 2 butir kelapa parut, jadikan 2 liter santan

Bumbu halus :

  • 15 butir bawang merah
  • 8 siung bawang putih
  • 5 buah kemiri, sangrai (goreng dalam wajan tanpa minyak hingga harum)
  • 3 cm jahe
  • 3 cm kunyit
  • 3 cm lengkuas
  • ½ butir pala
  • 1 sdt merica/lada butir
  • 15 buah cabe merah keriting

Cara Membuat Rendang Daging Padang :

1. Cuci higienis daging sapi kemudian potong-potong sesuai selera, namun sebaiknya tidak terlalu tebal dan jangan terlalu tipis biar gampang empuk namun tidak gampang hancur (kurang lebih mirip gambar di bawah, 1 kg daging kurang lebih jadi 30 potong). Bisa juga daging dipukul-pukul sedikit dengan palu daging atau ulekan semoga daging lebih singkat empuk lagi.

2. Siapkan juga materi-bahan yang telah dijelaskan di atas termasuk bumbu halusnya untuk mengawali proses berkutnya.
 Cara meracik bumbu masakan daging sapi asli Minang dalam resep rendang padang kering bena Resep Rendang Padang Daging Sapi Bumbu Kering Asli Minang
3. Siapkan wajan ukuran besar yang dapat memuat 2 liter santan, berikutnya tuang santan ke dalam wajan, bumbu halus, daun kunyit, daun salam, daun jeruk, serai dan garam. Masak sampai mendidih sambil dicampur-aduk agar santan tidak pecah.

4. Masukkan cuilan daging sapi, aduk sampai daging berganti warna. Selanjutnya teruskan mengolah makanan serta jangan lupa untuk sering diaduk-aduk agar merata dan bumbu tidak menggumpal di bawah.
 Cara meracik bumbu masakan daging sapi asli Minang dalam resep rendang padang kering bena Resep Rendang Padang Daging Sapi Bumbu Kering Asli Minang
5. Gunakan api kecil saat kuah santan sudah berkurang setengahnya. Masak sampai santan mengeluarkan minyak dan mengering, sampai tahap ini apabila daging telah dipastikan empuk maka rendang padang sudah siap dimakan.

6. Namun bila ingin lebih bersabar maka kita mampu terus memasaknya sampai lebih kering bahkan berwarna hitam, dengan cara sambil sesekali diaduk semoga merata dan tidak gosong. Rendang kering akan menjadi awet dan tahan lama.

7. Atau mampu juga disiasati dengan memanaskannya setiap hari, tak perlu menggunakan minyak lagi karena telah mengandung minyak ketika dipanaskan. Rendang juga akan kian menghitam sebab dipanaskan berulang, bahkan semakin bumbunya mengering, maka Rendang Padang akan semakin enak disantap.
Oiya, rendang tampaksedikit berminyak pada gambar sebab masih panas, nanti juga akan berangsur mengering.

Sumber https://resepmasakankreatif.blogspot.com
Advertisement advertise here
 
banner here